Sunday, October 16, 2011

Hatta : Bertani Indonesia Bisa Tiru Steve Jobs




    Steve Jobs

    JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan Indonesia bisa mencontoh kehidupan Steve Jobs dalam mengembangkan inovasi,terutama dalam pertanian dan perkebunan agar siap bersaing secara Internasional.

    "Kita ingin dorong bangsa ini menjadi inovator. Steve Jobs meninggal diratapi karena dia berhasil mengubah cara pandang orang menatap dunia ini. Seluruh produk kita harus ditambah nilainya," ungkap Hatta, dalam acara Expo Nasional Inovasi Perkebunan, di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (14/10/2011).

    Menurutnya, daya saing bisa didapat bila masyarakat sungguh-sungguh mengembangkan dan meningkatkan produktivitasnya, karena ini akan memberikan nilai tambah sebuah produk. Baginya, produktivitas tidak akan bisa sukses bila manusia tidak pernah berubah.

    Lebih lanjut, dijelaskannya, dalam meningkatkan daya saing sangat membutuhkan sebuah inovasi. Selain itu, ketersediaan benih, modal, dan kestabilan pasar merupakan hal yang penting.

    "Dalam peningkatan daya siang harus dipikirkan perlindungan dalam hal penyediaan benih dan akses modal, lahan, dan stabilisasi pasar dalam arti negara harus adil dalam peningkatan daya tahan," jelasnya.

    Hatta juga memacu masyarakat Indonesia untuk terus mengembangkan inovasi tersebut yang harus diiringi dengan ilmu pengetahuan agar bisa masuk ke pasar sehingga bisa meningkatkan nilai suatu produk.

    "Makanya inovasi akan lahir bila seluruh produk knowledge yang masuk ke pasar bisa meningkatkan daya guna dan nilai tambah bagus bagi seluruh pengguna," pungkasnya. (ade)

No comments:

Post a Comment