Wednesday, May 4, 2011

Review: United Pastikan Bertemu Barcelona

    Antonio Valencia © AFP
    Antonio Valencia © AFP Manchester United memastikan final Liga Champions 2009 berhadapan dengan Barcelona terulang, setelah mereka menyingkirkan Schalke di babak semifinal.
    Tampil di hadapan pendukungnya sendiri, Sir Alex Ferguson mengistirahatkan pemain pilar mereka seperti, Rooney, Ferdinand, Evra, Vidic di bangku cadangan. Sedangkan tim tamu Schalke tampil dengan kekuatan penuh dengan menurunkan dua pemain andalan mereka, Farfan dan Raul.
    Peluang pertama di babak pertama ini menjadi milik tim tamu, namun tendangan Farfan dari luar kotak penalti masih belum menemui sasaran.
    Setelah sempat saling jual-beli serangan antara kedua tim, akhirnya gol pertama tercipta di pertandingan ini pada menit ke-26. Antonio Valencia membawa pendukung United bersorak. Salah umpan Uchida dimanfaatkan oleh pemain United untuk melancarkan serangan balik cepat, Gibson memberikan umpan kepada Valencia yang diselesaikan dengan baik dengan tendangan mendatar yang melewati kolong kaki Neuer.
    Unggul satu gol, membuat pemain United semakin bernafsu. Alhasil mereka menambah keunggulan 5 menit berselang melalui tendangan Darron Gibson. Manuel Neuer tidak sempurna menahan tendangan Gibson, bola sempat membentur tiang sebelum melesat ke dalam gawang Schalke.
    Dua gol yang dicetak dalam jangka waktu bersamaan membuat barisan pertahanan United lengah. Akibatnya Schalke berhasil mencuri satu gol lewat kaki Jose Jurado di menit ke-34. Pemain United terlihat terburu-buru dan tanpa koordinasi saat mengantisipasi penetrasi dari Schalke. Jurado lantas melepaskan tendangan keras yang mengarah ke sisi kiri Van de Sar, memanfaatkan bola liar yang mengarah kepadanya.
    Schalke memanfaatkan sisa waktu untuk menyamakan kedudukan, namun hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama, kedua tim tidak ada yang berhasil menambah pundi gol mereka dan tuan rumah tetap memimpin dengan skor 2-1.
    Di babak kedua, United bermain lebih lepas, mereka lebih sabar dalam membangun serangan. Berbeda dengan Schalke yang tampak terburu-buru sehingga banyak serangan mereka yang kandas sebelum sampai di kotak penalti United.
    Di tengah upaya Schalke mengejar ketertinggalan mereka, satu-satunya wakil Jerman di Liga Champions ini kembali harus menelan kenyataan pahit di menit ke-72. Melalui skema serangan yang tidak bisa diantisipasi dengan baik oleh barisan pertahanan Schalke, Anderson menceploskan bola ke gawang Neuer setelah sebelumnya terjadi skrimit di dalam kotak penalti Schalke.
    Schalke yang kehilangan semangat bertanding, harus rela gawangnya dibobol oleh Anderson untuk kedua kalinya 4 menit berselang. Umpan matang Berbatov di dalam kotak penalti Schalke membuat Anderson tak kesulitan menceploskan bola ke gawang kosong.
    Schalke sempat mengejar ketertinggalan melalui gol Klaas-Jan Huntelaar ketika babak kedua memasuki menit akhir, namun hakim garis menganulir gol tersebut karena menganggap Huntelaar sudah dalam posisi offside. Skor 4-1 bertahan hingga pertandingan berakhir.
    Dengan hasil ini berarti United memastikan diri lolos ke babak final dengan agregat 6-1. Mereka akan bertemu dengan Barcelona di partai final yang dihelat di Wembley nanti. Ini merupakan ulangan dari partai final Liga Champions pada tahun 2009, dimana Barca keluar sebagai Juara.    (bola/mac)

    Sumber :  Bola.net

No comments:

Post a Comment