Monday, May 23, 2011

Mengendalikan Peralatan Listrik Dari Port Paralel Dengan Modul LPT-AC220V

    Mengendalikan peralatan listrik dari komputer merupakan salah satu kemampuan yang ingin dimiliki oleh sebagian besar pengguna komputer. Tak hanya orang elektro dan informatika saja, tapi kalangan hobbist pun seringkali membutuhkan rangkaian antarmuka untuk mengendalikan peralatan listrik dari komputer.
    Nah, jika Anda membutuhkan modul driver untuk mengaktifkan beban AC 110/220V melalui port paralel komputer, maka modul LPT-AC220V sangatlah cocok untuk dipertimbangkan. Modul satu-keluaran tanpa suplai catu daya eksternal ini sangat cocok untuk mengendalikan peralatan listrik dari port paralel komputer.
    Contoh aplikasi sederhana namun sangat bermanfaat adalah bel sekolah otomatis. Dengan modul LPT-AC220V, kita dapat menghidupkan dan mematikan bel sekolah secara otomatis melalui komputer. Dengan program penjadwalan sederhana, kita dapat membangun sistem bel sekolah otomatis dengan biaya yang sangat terjangkau!
    Gambar disamping adalah screenshot program pengujian modul LPT-AC220V yang saya buat menggunakan Lazarus pada sistem operasi Windows XP.

    Program menggunakan file inpout32.dll dari logix4u.net. Ketika tombol ON ditekan, maka program akan menuliskan nilai 255 (1111-1111) ke port data LPT yang akan mengaktifkan optotriac dan triac sehingga arus akan mengalir ke beban dan bebanpun akan menyala. Jika tombol OFF ditekan, maka program akan menuliskan nilai 000 (000-000) ke port data LPT, dan beban pun akan mati.
    Foto dibawah ini adalah foto pengujian modul LPT-AC220V untuk mengendalikan lampu.


No comments:

Post a Comment